Sabtu, 07 November 2015

KUMPULAN SOAL AUDITING BAB 1-BAB 3



Kumpulan Soal Auditing 1        
Bab 1 Permintaan Terhadap Jasa Audit Dan Assurance Lainnya
1-1  Jelaskan hubungan antara jasa audit, jasa atestasi, dan jasa assurance, serta berikan contoh masing-masing?
1-2     Diskusikan factor-faktor utama dalam masyarakat dewasa ini yang menyebabkan kebutuhan akan audit independen jauh lebih besar dari 50 tahun yang lalu?
1-3     Bedakan ketiga risiko berikut ini: suku bunga bebas risiko, risiko bisnis, dan risiko informasi. Mana yang dikurangi oleh auditor dengan melakukan audit?
1-4        Identifikasikan penyebab utama risiko informasi dan identifikasikan tiga cara utama untuk mengurangi risiko informasi. Apa keunggulan dan kelemahan masing-masing?
1-5              Jelaskan apa yang  dimaksud dengan menentukan tingkat kesesuaian antara informasi dengan criteria yang telah ditetapkan. Apa informasi dan criteria yang ditetapkan untuk audit atas spt pajak pt janaka oleh seorang auditor pajak? Apakah gunanya untuk audit atas laporan keuangan pt janaka oleh sebuah kap?
1-6              Uraikan karakteristik bukti yang akan digunakan auditor pajak dalam auditatas spt pajak pt janaka?
1-7              Dalam pelaksaan audit atas laporan keuangan, merupakan suatu pelanggaran tanggungjawab yang serius jika auditor tidak memiliki pemahaman yang mendalam atas bidang akuntansi. Namun, banyak akuntan yang kompeten tidak memiliki pemahaman atas proses audit. Apakah yang menyebabkan perbedaan tersebut?
1-8              Apakah perbedaan dan persamaan dari audit atas laporan keuangan, audit ketaatan, serta audit operasional?
1-9              Sebutkan lima contoh audit operasional spesifik yang dapat dilaksanakan oleh auditor internal dalam sebuah perusahaan manufaktur?
1-10          Pengetahuan apa yang dibutuhkan auditor tentang bisnis klien dalam audit atas laporan keuangan historis? Jelaskan bagaimana pengetahuan ini dapat berguna dalam melaksanakan jasa assurance lain atau konsultasi untuk klien tersebut.
1-11          Apakah perbedaan utama dalam lingkungan tanggung jawab audit bagi akuntansi public, auditor bpk, auditor pajak, dan auditor internal?
1-12          Jelaskan bagaimana ujian cpa di indonesia diorganisasi dan diselenggarakan?
1-13          Jelaskan mengapa cpa harus mengetahui tentang tekhnologi e-commerce?
Pertanyaan Bab 2 Profesi Akuntan Publik (CPA)
 
2-1 Sebutkanlah empat jenis jasa utama yang diberikan oleh akuntan public, serta jelaskan masing-masingnya?
2-2  Apakah karakteristik utama organisasi dan tindakan kantor akuntan public yang mengatur mereka untuk memenuhi tanggung jawab sosialnya secara kompeten dan independen?
2-3  Apakah peranan dari public company accounting oversight board di amerika serikat?
2-4  Apakah peranan bapepam-lk dalam masyarakat dan bahaslah hubungannya dengan dan pengaruhnya terhadap praktik audit?
2-5  Apa peran yang dimainkan oleh IAPI terhadap para anggotanya?
2-6 apa tujuan dari penyataan standar bagi penugasan atestasi yang diterbitkan oleh IAPI?
2-7 Siapa yang bertanggung jawab menetapkan standar audit untuk audit atas perusahaan public di Amerika Serikat? Siapa yang bertanggung jawab menetapkan standar audit untuk perusahaan swasta? Jelaskan.
2-8 Jelaskan perbedaan antara standar antara standar audit yang berlaku umum dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum, serta berikan dua contoh untuk masing-masingnya?
2-9 Standar pekerjaan lapangan yang pertama menyatakan bahwa audit harus dilaksanakan oleh seorang atau lebih yang memiliki keahlian dan pelatihan tekhnis yang memadai sebagai auditor. Apakah cara-cara yang dapat dilakukan auditor untuk memenuhi persyaratan standar itu?
2-10 Standar audit yang berlaku umum mendapat sejumlah kritik dari berbagai sumber karena telah gagal menyediakan pedoman yang bermanfaat bagi pelaksanaan audit. Kritik-kritik tersebut menyatakan bahwa standar harus dibuat lebih khusus agar para praktisi dapat meningkatkan mutu kinerjanya. Sebagaimana yang telah ditetapkan oleh standar itu saat ini, banyak pihak mengkritik karena standar itu hanya menjadi sekedar alasan atas pelaksanaan audit yang tidak memadai. Evaluasilah kritik terhadap ke-10 standar audit yang berlaku umum ini?
2-11 jelaskan peran internasional standards on auditing. Bahaslah apakah seorang akuntan public yang melakukan audit yang sesuai dengan standar audit yang berlaku umum secara simultan menaati standar internasional audit?
2-12 Apakah arti istilah pengendalian mutu dalam kaitannya dengan kantor akuntan public?
2-13 Berikut ini adalah contoh persyaratan prosedur pengendalian mutu pada sebuah kantor akuntan public: ;Siapapun yang dipertimbangkan menjadi karyawan dalam kantor ini harus sudah menyelesaikan pendidikan audit dasar serta sudah diwawancaraidan disetuju pengangkatannya sebagai karyawan oleh partner audit, sebelum ia ditugaskan sebagai staf audit.” Unsur pengendalian mutu manakah yang memengaruhi prosedur ini serta apa tujuan dari persyaratan ini?
2-14 Jelaskan arti dari istilah review sejawat (per review). Apa implikasi review sejawat bagi profesi?
2-15 Sebutkan dua pasal praktik dimana kantor akuntan public dapat termasuk di dalamnya/ Apa tujuan utama dari pasal-pasal tersebut?
Pertanyaan Bab 3 Etika Profesi
3-1   Apakah enam prinsip-prinsip etika dasar yang dijelaskan oleh Joseph Institue? Apa sumber-sumber lain dari nilai etika?
3.2 Jelaskan yang dimaksud dengan dilema etika. Bagaimana seseorang mengatasi sebuah dilemma etika?
3.3 mengapa ada kebutuhan khusus untuk berperilaku etis bagi kalangan professional? Mengapa persyaratan etika bagi profesi akuntan public berbeda dengan profesi lain?
3.4 Sebutkan tiga bagian dari kode etik dan jelaskan tujuan setiap bagiannya. Jelaskan pula prinsip-prinsip dasar dari etika professional?
3.5 Bedakan antara independensi dalam kenyataan dan independensi dalam penampilan. Sebutkan tiga perbuatan yang tidak memengaruhi independensi dalam kenyataan tapi bisa memengaruhi independensi dalam penampilan/
3.6 Kenapa independensi seorang auditor itu penting?
3.7 Apakah jasa konsultasi dan non-audit dilarang untuk auditor dari perusahaan public? Apa larangan dan persyaratan lain yang diterapkan untuk auditor ketika memberikan jasa non-audit kepada perusahaan public?
3-8 Jelaskan bagaimana aturan terkait kepemilikan saham diterapkan untuk partner dan staf professional. Beri contoh kapan kepemilikan saham dilarang untuk keduanya?
3.9 Setelah menerima kontrak kerja, seorang CPA menemukan bahwa industry dari klien lebih teknis dari yang ia sadari dan ia tidak kompeten disejumlah bidang audit tersebut. Apa sajakah pilihan sang CPA tersebut?
3-10 Misalkan seorang auditor membuat persetujuan dengan seorang klien bahwa imbalan jasa audit akan bergantung pada jumlah hari yang diminta untuk menyelesaikan kontrak kerja. Apakah ini melanggar kode etik? Apa esensi dari aturan etika professional terkait biaya kontijen, dan apa pertimbangan dari aturan itu?
3-11 Data audit milik seorang auditor biasanya bisa diberikan untuk orang lain hanya dengan izin dari klien. Berikan tiga pengecualian untuk aturan umum ini.
3.12 Identifikasi dan jelaskan factor yang harus dijaga untuk menjaga kualitas audit tetap tinggi walaupun iklan dan penawaran kompetitif dibolehkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar