Sabtu, 12 September 2015

Akuntansi Keuangan Lanjutan



Perubahan Jumlah Saham Yang Dimiliki
Nilai tercatat investasi sebelum deviden saham atau pemecahan saham menjadi nilai tercatat baru dari jumlah saham yang lebih besar atau lebih kecil.
Pembelian Saham Tambahan
Pembelian saham tambahan dicatat sebesar biaya perolehan sebagaimana investasi awal. Ketika tambahan saham tersebut memberikan investor kemampuan untuk mempunyai pengaruh signifikan atas investee, metode ekuitas harus diterapkan secara retroaktif dari tanggal investasi awal.
Penjualan Saham
Keuntungan atau kerugian dari penjualan diakui dari selisih antara harga jual yang diterima dan nilai tercatat investasi yang dijual. Saham mana yang dijual dapat ditentukan melalui pemisahan, penomoran sertifikat saham, atau cara yang lain.
Metode Ekuitas
Akuntansi metode ekuitas untuk investasi dalam saham biasa entitas lain ditujukan untuk mencerminkan perubahan ekuitas atau kepemilikan investor dalam investee.
Penggunaan Metode Ekuitas
PSAK NO.15 menetapkan aturan 20%. Jika tidakterdapat bukti lain yang menunjukkan sebaliknya, investor yang mempunyai 20% atau lebih saham berhak suara investee diasumsikan memiliki pengaruh signifikan atas investee. Dalam sebagian besar kasus, investasi sebesar 50% disaham berhak suara perusahaan lain dilaporkan menggunakan metode ekuitas.
Ekuitas Investor Atas Investee
Dilaporkan oleh investee       
Pengaruh pada akun investor
Laba neto
Mencatat pendapatan dari investasi
Meningkatkan akun investasi
Rugi neto
Mencatat kerugian dari investasi
Menurunkan akun investasi
Pengumuman deviden
Mencatat asset (kas atau piutang)
Menurunkan akun investasi

Pengakuan Pendapatan
Nilai tercatat investasi disesuaikan dengan jumlah yang sama untuk mencerminkan perubahan dalam asset neto investee karena adanya laba neto. Pengakuan Deviden: Deviden dari investasi tidak diakui sebagai pendapatan dalam metode ekuitas karena bagian investor atas laba investee diakui pada saat laba tersebut diakui oleh investee. Semua deviden dari investee diperlakukan sebagai deviden likuidasi dalam metode ekuitas.
Nilai Tercatat Investasi
Hanya jika investee membayar deviden dengan jumlah yang persis sama dengan labanya maka nilai tercatat investasi setelah akuisisi akan sama dengan biaya perolehan akuisisi awal.
Perbedaan Antara Biaya Perolehan Investasi Dan Nilai Buku Yang Mendasari
Selisih antara biaya perolehan investasi dari investor dengan nilai buku dari bagian proporsional investor atas asset neto yang mendasari dari investee disebut diferensial. Alasan mengapa biaya perolehan investasi dapat melebihi nilai buku asset neto adalah asset investee bernilai lenih dibandingkan nilai bukunya, adanya goodwill yang tidak tercatat karena adanya kemampuan menghasilkan laba lebih oleh investee. Kerugian akibat penurunan nilai atas investasi sendiri harus diakui jika penurunan nilai tersebut tidak bersifat sementara.
Amortisasi Atau Penghapusbukuan Diferensial
Amortisasi diferensial sehubungan dengan asset yang disusutkan atau yang diamortisasi dari investee dicatat pada pembukuan investor untuk mencerminkan penurunan manfaat masa depan yang diharapkan investor dari bagian biaya perolehan investasi sehubungan dengan asset-aset tersebut. Jadi, amortisasi atau pengurangan diferensial menyebabkan pengurangan akun investasi.

Pelepasan Diferensial Asset Terkait
Jika investee melepaskan asset dengan mana diferensial tersebut terkait, maka bagian diferensial tersebut harus dikeluarkan dari akun investasi di pembukuan investor. Investor tidak membuat akun terpisah untuk mencatat bagiannya atas keuntungan atau kerugian yang termasuk dalam laba neto investee, seperti keuntungan dari penjualan asset tetap atau penghapusbukuan diferensial pembelian yang belum diamortisasi.
Penurunan Nilai Investasi
Jika nilai pasar investasi mengalami penurunan secara material dibawah nilai bukunya, maka nilai tercatat investasi harus diturunkan menjadi sebesar nilai wajarnya dan mengakui adanya kerugian.
Perubahan Jumlah Lembar Saham Yang Dimiliki
Perubahan yang disebabkan oleh deviden saham, pemecahan saham, atau pemecahan saham terbalik diperlukan dengan cara yang sama dalam metode biaya.
Pembelian Saham Tambahan
Investasi baru dan lama pada saham yang sama digabungkan untuk tujuan pelaporan keuangan. Jika investasi dicatat menggunakan metode biaya dan pembelian saham baru tersebut memberikan investor kemampuan untuk mempengaruhi investee secara signifikan, maka diharuskan adanya perlakuan retroaktif dari metode biaya ke metode ekuitas.
Penjualan Saham
Akun investasi disesuaikan pada tanggal penjualan untuk bagian investor atas laba investee pada periode berjalan, keuntungan atau kerugian diakui untuk perbedaan antara harga jual yang diterima dengan nilai tercatat saham yang dijual. Jika metode ekuitas tidak lagi sesuai untuk digunakan setelah tanggal penjualan, nilai tercatat investasi yang tersisa dianggap sebagai biaya perolehan investasi dan diperlakukan berdasarkan metode biaya dengan cara yang biasa mulai dari tanggal penjualan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar