Sabtu, 05 September 2015

ANALISIS INFORMASI KEUANGAN



Lingkungan Pelaporan Keuangan
Laporan keuangan wajib adalah laporan yang berdasarkan kebutuhan informasi dari pengguna laporan keuangan dan sumberinformasi alternative seperti data ekonomi dan industry.
Laporan Keuangan
Dokumen wajib yang serupa dengan laporan tahunan adalah form 10-k yang harus diserahkan perusahaan public kepada securities exchange commission (SEC). ketika menganalisis  informasi kuartalan, perlu dipahami dua factor: 1. Musim (seasonality): Saat memeriksa tren/kecenderungan, harus dipertimbangkan dampak dari musim 2. Penyesuaian Akhir Tahun (Year-End Adjustments)
Pengumuman Laba
Pengumuman laba tersedia untuk para pelaku pasar modal melalui publikasi keuangan seperti The Wall Street Journal. Definisi GAAP. GAAP merupakan kumpulan standar, pengumuman, pendapat, interpretasi, dan panduan praktek.
Penetapan standar akuntansi. FASB saat ini bertugas sebagai badan yang menetapkan standar akuntansi. Badan ini terdiri atas tujuh orang anggota penuh waktu, yang mewakili berbagai kelompok (interest groups) yang memiliki kepentingan seperti investor, manajer, akuntan dan analis.
Peran Securities Dan Exchange Commission (ESC). Undang-undang tahun1933dan 1934 mengatur pengungkapan yang terkait dengan penawaran saham baru. SEC dapat mengganti atau memperkenalkan aturan dalam pelaporan akuntansi dan pengungkapan
Internasional Financing Reporting Standards. Standar pelaporan keuangan internasional (internasional financing reporting standards- IFRS) dikeluarkan oleh (Internasional Accounting Standards Boards).
Manajer: pihak yang paling bertanggung jawab atas laporan keuangan yang wajar dan akurat adalah manajer. Manajer juga dapat memengaruhi laporan keuangan secara tidak langsung melalui pengaruh kolektif mereka dalam proses penetapan standar
Mekanisme Pengawasan Dan Pelaksanaan: mekanisme seperti audit, berkembang sepanjang waktu. Mekanisme ini sangat penting untuk menjamin kredibilitas dan keandalan laporan keuangan.
Auditor: produk yang dihasilkan seorang auditor adalah laporan audit yang merupakan bagian penting dari laporan keuangan.
Supermasi Korporasi: monitor penting lainnya dalam laporan keuangan adalah mekanisme supremasi korporasi di dalam suatu perusahaan.
Securities And Exchange Commission: pegawai SEC akan memeriksa laporan keuangan untuk memastikan bahwa laporan keuangan untuk memastikan bahwa laporan telah sesuai dengan persyaratan yang diwajibkan, termasuk ketaatan pada standar akuntansi.
Tuntutan Hukum: kerugian yang bibayarkan perusahaan, manajer dan auditor sehubungan dengan masalah akuntansi yang luar biasa sejak dekade terakhir diperkirakan miliaran dolar.
Sumber Informasi Alternative: terdiri dari 1. informasi ekonomi, industri, dan perusahaan, 2.Pengungkapan sukarela 3. Perantara informasi (pengumpulan informasi, interpretasi informasi, analisis prospektif, rekomendasi)
Kualitas Informasi Akuntansi Yang Diinginkan bersifat 1. relevan: laporan keuangan interim (kuartalan) dibuat untuk memenuhi karakteristik tepatwaktu 2. Andal: penyajian jujur berarti informasi mencerminkan relitas, dan netral berarti informasi tersebut benar dan tidak bias.
Prinsip-Prinsip Akuntansi Yang Penting 1. Akuntansi Akrual: pendapatan diakui saat hasilkan dan beban saat terjadi, tanpa memperhatikan penerimaan atau pembayaran kas  2.Biaya Historis Dan Penilaian Wajar: pencatatan nilai asset atau kewajiban berdasarkan konsep penilaian wajar (air value) 3. Materialitas: Sejauh mana kelalaian mencantumkan atau salah saji informasi akuntansi yang dengan memperhatikan situasi, memungkinkan penilaian seseorang yang menggunakan informasi tersebut akan berubah atau terpengaruhi. 4. Konservatisme: meskipun laporan keuangan yang konservatif mengurangi kualitas laba, banyak pemakai (misalnya warren buffett) memandang akuntansi konservatif sebagai tanda dari kualitas laba yang baik
Relevansi Informasi Akuntansi Keuangan: akuntansi keuangan merupakan dan tetap menjadi satu-satunya sistem yang relevan dan andal untuk mencatat, mengklasifikasi dan meringkas aktivitas usaha. Konservatisme merupakan penentu kualitas laba. Dalam penelitian akademis, konservatisme dibedakan menjadi dua jenis konservatisme tak bersyarat dan konservatisme bersyarat.
Keterbatasan Informasi Laporan Keuangan: 1. Tepat waktu 2. Frekuensi 3. Orientasi ke masa depan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar